tips bayi aktif dan cerdas

Posted by

bayi aktif dan cerdas

mempunyai bayi yang aktif dan cerdas adalah keinginan semua orang tua. bayi yang aktif adalah tanda bayi sehat dan normal. semakin aktif bayi, mak semakin cepat ia akan belajar banyak hal. nah, lalu bagaimana agar bayi bunda aktif?. berikut kami rangkum beberapa tips agar bayi bunda aktif sepanjang hari.

  • beri baju yang menunjangnya aktif. di sebagian kultur masyarakat kita masih sering memberikan bayi palian yang sangat membatasi mereka. seperti gedong atau baju yang terlalu tebal dan hangat. beri mereka pakaian yang sesuai dengan cuaca. ketika udara tidak terlalu dingin, cukup beri mereka pakaian yang sama tebalnya dengan orang dewasa. pakian yang tebal dan cenderung membatasi gerak mereka akan menghambat gerak mereka. dan pada akhirnya justru memperlambat pertumbuhan mereka. dalam awal-awal masa aktiv mereka biasanya wajah menjadi area favorit. biarkan mereka mengeksplor wajah mereka, yang terpenting jaga kuku mereka tetap pendek sehingga tidak berbahaya.
  • olahraga kecil. bayi juga butuh olahraga!. tentu saja bukan olahraga yang berat ya bund... cukup gerak-gerakkan anggota gerak mereka. ayunkan kaki seperti mengayuh sepeda atau latih mereka duduk sendiri ketika sudah bisa menopang kepala sendiri. bunda juga dianjurkan memijit-mijit mereka sesekali. hal-hal diatas bisa dilakukan saat mengganti popok mereka. stimulasi yang baik akan sangat berguna bagi perkembangan mereka.
  • jadikan tubuh anda sebagai wahana mereka. tubuh anda adalah wahana yang sangat baik dan aman bagi bayi anda. biarkan ia berlatih memanjat, menendang dan merangkak ditubuh bunda atau ayahnya. sejak kecil ia terbiasa dengan tubuh orang tuanya. biarkan ia terus berkembang dengan memanfaatkan tubuh anda. biarkan ia tengkurap diatas anda, atau sandarkan ia di paha anda sehingga bisa duduk dengan nyaman. anda juga bisa memanfaatkan kaki anda sebagai pjakannya ketika mulai mencoba merangkak.
baca juga :
sentuhan yang dibutuhkan anak
kesalahan saat memberikan obat pada anak
agar anak menjadi yang terbaik.

  • perbanyak duduk. bayi biasanya dibiarkan tidur terlentang. namun sebenarnya posisi tersebut tidak banyak memberi manfaat padanya. ketika ia bangun dan bersantai, biasakan ia dalam posisi duduk. anda bisa memangkunya agar ia tetap aman. dengan posisi duduk, banyak hal yang bisa ia lakukan. seperti melihat sekitar dan meraih-raih. hal tersebut akan banyak melatih otot-ototnya ketimbang dalam keadaan tertidur.
  • timang dan ayun!. menimang , mengayun dan menggantung terbalik sangat baik bagi bayi. gerakan-gerakan tersebut dapat mengaktifkan otak kecilnya. otak kecil pada manusia terkait dengan banyak hal. diantaranya adalah kemampuan interaksi sosial, bahasa, kemampuan bermusik dan banyak lagi. tentu saja semuanya harus dilakukan dengan sangat aman ya bund.
nah, itulah beberapa tips yang dapat merangsang bayi anda menjadi aktif dan cerdas. semoga bermanfaat ya bund.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 02.18

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.