cara melatih anak bicara

Posted by

cara melatih anak bicara

cara melatih anak bicara- bicara adalah salah satu kemampuan yang paling di tunggu dari sang anak. orang tua sangat ingin agar anak cepat bisa bicara. namun jarang sekali orang tua yang mengerti bagaimana cara melatih anak bisa bicara dengan lancar. mereka cenderung menunggu sang anak bisa dengan sedirinya.
biasanya anak mulai menunjukan kemampuan bicaranya di 3 tahun awal kehidupannya. namun di usia 12-18 bulan anak normalnya sudah mampu mengucapkan 1-5 kata yang ada artinya,  Seperti papa, mama, bola, maem, dan sebagainya dan beberapa kata yang sering diulang-ulang namun belum membentuk sebuah arti.
lalu bagaimana sih cara merangsang anak cepat bicara?. berikut beberapa tips agar anak pandai bicara yang diolah dari berbagai sumber akan kami sajikan :



  • Banyak-banyak menga­jak bicara. Walaupun mereka sepertinya belum mengerti, tapi kata-kata terse­but akan diingatnya dan suatu saat akan diekspresikannya saat ia sudah bisa bicara. anak anda memang belum dapat berbicara, namun mereka adalah pendengar yang baik. maka teruslah berbicara kepada mereka, meeka selalu mendengarkan.
  • Hati-hati dalam memilih kata saat bicara di depan anak. Karena anak sangat mudah menyerap dan mengingat, jangan pernah berkata kotor dan tidak baik didepan anak anda. sebaiknya memang anda tidak pernah mengatakan hal-hal tersebut didepan maupun debelakang anak anda. meskipun anda tidak sedang mengatakannya kepda anak anda, tapi kepada orang lain. anak anda tetap akan mencernanya sebagai sesuatau yang harus ditiru.
  • berbicaralah dalam suasana yang menyenangkan. Supaya lebih mudah dimengerti, ajak anak ngo­brol dalam suasana yang menyenangkan. Misal, ketika berbicara tentang air. ajak anak anda menyentuh air tersebut. rasakan bagaimana asyiknya bermain-main dengan air dan teruslah berbicara tentang hal-hal yang menyenangkan tentang air tersebut. bisa juga dengan menyanyi bertema air, atau dongeng tentang air dan sebagainya. suasanga yang menyenangkan akan membuat mereka cepat belajar berbicara.
  • Ketika bicara usa­hakan anak memang sedang menaruh perhatian. Apakah matanya sedang melihat ke arah kita/benda yang kita tun­jukkan atau ke arah lain. Bila anak terlihat memerhatikan sesuatu, ajak ia bicara men­genai hal/benda yang sedang diperhatikannya itu.
  •  Berikan makanan padat sesuai usia anak untuk merangsang otot bicaranya. ketika mengunyah otot-otot bicara yang terletak dimulutnya juga akan otomatis terlatih. hal ini akan mempercepat kemamouan berbicaranya.
baca juga :
menurangi dampakburuk berita negatif pada anak

  • deskripsikan. Jangan hanya mengenalkan sebuah benda yang ia lihat saja, namun cobalah untuk mendiskripsikan dan mengenalkan kegunaan dari sebuah benda apa yang ia lihat. Misalnya adalah “Ini namanya pensil. Pensil digunakan untuk menulis dan menggambar di kertas.” , “Ini namanya gelas. Gelas digunakan untuk minum.”, “Ini namanya handphone. Handphone digunakan untuk menelepon ayah.”, “Itu namanya mobil. Mobil digunakan kalau adik ingin pergi jalan-jalan ke rumah nenek.”, dll.  Mengenalkan kosakata dan mendeskripsikannya, akan membuat balita anda mengenali obyek. Dan deskripsi berulang obyek akan mendorongnya untuk berbicara dan belajar kata-kata yang 
  • bacakan sebuah buku. Membacakan sebuah buku bergambar untuk balita Anda, sambil ia mengamati gambar di buku tersebut, adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan perkembangan bicara anak. PIlihlah buku bergambar yang sederhana, untuk balita Anda.. Saat membacakan cerita untuknya, dengan menunjuk sebuah gambar dan mengenalkan masing-masing kosakata pada setiap gambar. Mendengar dan mengenal masing-masing kata yang ia lihat pada gambar dengan jangka waktu berulang (sesering mungkin/setiap hari) akan membuat otaknya lebih berkembang untuk dapat bicara.
demikianlah beberapa tips agar anak pandai bicara. semoga bermanfaat.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 01.16

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.